Buku yang berjudul 20+ Aktivitas Unik dan Kreatif untuk Pembelajaran yang Menyenangkan merupakan buku karya Herlina Putri yang diterbitkan oleh salah satu penerbitan buku yaitu Penerbit Laditri Karya.

Dilihat dari judulnya sudah jelas ya, LovelKa. Buku ini merupakan buku pedoman untuk pembelajaran yang menyenangkan dengan aktivitas unik dan kreatif. Buat kalian yang merupakan seorang pengajar bahasa asing, buku ini recomanded banget loh.

Nama lengkap dari Kak Herlina adalah Herlina Putri Handayani. Dia telah menamatkan strata 1 Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra Jepang di Universitas Riau. Penulis di Penerbit Laditri Karya ini kelahiran tahun 1990.

Untuk kesehariannya, Kak Herlina sehari-hari berprofesi sebagai guru bahasa Jepang di SMKN Kesehatan dan Pariwisata Bangkinang, Riau. Selain itu, penulis buku satu ini pernah mengikuti program pelatihan guru bahasa Jepang di Saitama Jepang selama enam bulan. Dari pelatihan itu, dia terinspirasi untuk melaksanakan pembelajaran bahasa Jepang dengan cara yang menyenangkan.

Kenapa tadi disebutkan bahwa buku ini recommended banget buat guru yang mengajar bahasa asing?

Sesuai yang dijelaskan dalam deskripsi buku 20+ Aktivitas Unik dan Kreatif untuk Pembelajaran yang Menyenangkan, dituliskan bahwa pembelajaran bahasa asing terkadang dianggap sebagai suatu hal yang sangat menyebalkan karena selalu dihadapkan dengan kosakata yang benar-benar asing, struktur gramatikal yang sama sekali berbeda dengan bahasa ibu, penulisan kata yang berbeda dengan pengucapan, dan ditambah lagi aksara aneh yang membuat pembelajar semakin pusing.

Dengan persepsi awal yang demikian, pengajar menemui kesulitan untuk membangkitkan motivasi peserta didik. Buku ini merupakan jawaban dari permasalahan kebanyakan guru bahasa asing.

Di buku ini, pengajar dapat menemukan aktivitas pembelajaran  unik dan kreatif yang membantu mengubah persepsi tersebut sehingga pembelajar bahasa asing tidak merasa takut, bosan, ataupun kesulitan dalam belajarnya. Aktivitas belajar yang terdapat pada buku ini antara lain bola panas, ichitori, kartu kata, jigsaw puzzle, teka-teki silang, dan aktivitas lain.

Pengajar akan mampu menciptakan suasana kelas yang lebih hidup. Buku ini dilengkapi dengan langkah-langkah pembelajaran beserta contoh penerapannya dalam pemebelajaran. Temukan berbagai aktivitas menarik yang dapat menggali kreativitas di buku ini.

Dari deskripsi dalam buku tersebut, sudah sangat jelas bahwa buku ini akan membantu pengajar dalam mengatasi persepsi yang menurut mereka sulit dalam mengajarkan bahasa asing. Selain langkah-langkah yang unik dan kreatif, buku ini juga dilengkapi dengan contoh penerapannya dalam pembelajaran. Jadi, LovelKa yang mengajar bahasa asing, tunggu apalagi nih? Buruan yuk miliki buku terbitan Penerbit Laditri Karya yang satu ini.

Ide kegiatan yang telah dilaksanakan oleh si penulis sehingga dia ingin mengumpulkan ide-ide pembelajaran yang menarik. Karena selama ini beliau sudah melaksanakan berbagai kegiatan menarik di kelas.

Dari mana sumber referensi dalam menulis buku ini?

Dalam menulis buku ini Kak Herlina mengambil referensi dari buku, web, maupun jurnal. Salah satunya dia mengambil dari buku bahasa Jepang, dan itu sudah satu tahun yang lalu.

Bagaimana tanggapan mereka tentang buku karya Kak Herlina ini?

Buku Kak Herlina diapresiasi dengan baik oleh teman-teman sesama guru bahasa Jepang dan buku ini laris di daerah Jawa loh, LovelKa.

Dulunya Kak Herlina mencari sebuah penerbitan buku. Dia akhirnya menemukan Penerbit Laditri Karya yang memiliki pilihan paket-paket terjangkau, proses penerbitannya juga tidak lama, dan jika dihubungi responnya cepat.

Bahkan, rencananya nih, LovelKa, Kak Herlina bakalan nerbitin buku lagi di Penerbit Laditri Karya. Buku keduanya ini seperti modul. Buku ini merupakan perbaikan dari modul-modul yang pernah dibuat oleh Kak Herlina sendiri sebelumnya.

Jadi kesimpulannya adalah buku 20+ Aktivitas Unik dan Kreatif untuk Pembelajaran yang Menyenangkan ditulis oleh Herlina Putri. Penulisan buku ini terinspirasi dari kegiatan-kegiatan yang telah diikutinya. Setelah terbit buku ini mendapat apresiasi yang cukup baik dan telah laris di Pulau Jawa. Sekarang Kak Herlina akan menerbitkan buku lagi di Penerbit Laditri Karya.

LovelKa kapan nih meluncur ke meja redaksi?

Ditulis oleh : Delia Yogi Noviana
Diedit oleh : Khusnul Pusva Rahayu dan Laily Adha Intan Putri

× Tanya Minda